Super Mario 3D World + Bowser’s Fury mengemas salah satu game Mario terbaik baru-baru ini dengan pengalaman baru yang sangat aneh.

Super Mario 3D World akan dirilis ulang di Nintendo Switch pada 12 Februari 2021, dengan tambahan baru di Bowser’s Fury. Anda dapat membaca ulasan kami di bawah ini, atau melihat apa yang dipikirkan kritikus lain di kamireview roundup. Kami juga mengalami kerusakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengalahkannya dan cara kerjanya dengan Amiibo.

Super Mario 3D World + Bowser’s Fury adalah permen platforming yang disesuaikan dengan baik yang menggabungkan beberapa elemen terbaik dari 2D dan 3D Mario dalam dua cara yang sangat berbeda. Paket ini sebagian besar merupakan rilis ulang dari game Wii U, tetapi versi ini meningkatkan versi aslinya dengan kecepatan yang lebih cepat dan permainan online, dan kemudian menambahkan Bowser’s Fury yang eksperimental dan sangat aneh di atasnya.

Sedang Diputar: Ulasan Video Super Mario 3D World + Bowser Fury

Kedua pengalaman itu bercabang ke titik di mana Anda harus keluar dari satu pengalaman sepenuhnya untuk memulai yang lain. Ini masuk akal – keduanya berbagi beberapa ciri dangkal tetapi sebaliknya filosofi desain dan pendekatan platforming sangat berbeda. Karena desainnya yang sangat terpisah ini, masuk akal untuk memeriksanya sebagai game terpisah.

Super Mario 3D World

Lebih mudah untuk melihat tempat Super Mario 3D World di kanon Mario dengan melihat ke belakang. Ini adalah penerus Mario Galaxy, bukan dalam mekanika langsung tetapi dalam filosofi desain yang lebih luas. Tahapannya relatif kecil, pertarungan platforming kreatif yang mandiri, seringkali dengan tema atau mekanika mereka sendiri di garis depan. Setiap tahap disajikan sebagai irisan diorama dan biasanya mencakup tingkat kedalaman sumbu Z yang terbatas, tetapi gagasan inti di antara mereka adalah sama: Masuk, lihat aplikasi cerdas mekanik Mario, lalu keluar sebelum konsep melampaui sambutannya.

Berbagai macam ide yang dipamerkan di Dunia 3D adalah aset terbesarnya. Satu tahap mungkin mengharuskan Anda menavigasi hutan atau kapal perang, sementara tahap lain akan mengatur waktu blok ritmisnya beralih ke ketukan yang stabil. Gim ini juga sering memberi penghormatan kepada bagian lain dari sejarah Nintendo. Satu tahap pada dasarnya adalah riff Mario Kart, yang dapat dikenali dari bumper dan dasbor berwarna pelangi yang mempercepat Anda di sepanjang “track”. Yang lain dengan jelas dimodelkan setelah penjara bawah tanah Zelda klasik, dengan power-up Bunga Api Anda berfungsi untuk menyalakan lentera dan memecahkan teka-teki sederhana. Permainan ini mempertahankan kecepatan kejutan yang menyenangkan ini dari awal hingga akhir.

Dunia Super Mario 3D di Wii U juga merupakan debut Kapten Toad, dan mudah untuk melihat mengapa ia menjadi bintang pelarian. Teka-teki platformingnya adalah keberangkatan lucu dari tantangan platforming utama. Mereka merasa cukup akrab dengan platform standar Mario sehingga tidak mengganggu, tetapi pasifisme alami Kapten Toad membuat tantangan yang unik. Dia tidak bisa melompati musuh karena ranselnya yang sangat besar, jadi teka-teki Kapten Toad menjadi permainan waktu dan kesabaran yang halus, memanipulasi kamera untuk melihat ruang 3D dari semua sudut dan menyalurkan kedalamannya untuk mencari harta karun, selengkapnya seputar game di Berita Gadget.

Tahapan Captain Toad adalah salah satu cara utama Dunia 3D mengisi pundi-pundi Anda dengan bintang hijau, semacam mata uang dalam game untuk membuka tahapan baru. Sebagian besar panggung platform tradisional memiliki tiga bintang hijau yang terselip di sudut tersembunyi, mendorong eksplorasi atau menantang Anda untuk bergantung pada power-up seperti Double Cherry yang cukup lama untuk membuka kunci gerbang. Panggung Kapten Toad, sebagai perbandingan, masing-masing memiliki lima bintang untuk dikumpulkan, dan menemukan semuanya adalah kunci untuk menyelesaikan panggung. Dunia juga memiliki tahapan serangan waktu sesekali untuk menyelesaikan tantangan bos mini atau tantangan platforming dengan total 10 bintang hijau.

Tren Mario baru-baru ini tentang kemajuan gating di balik barang-barang koleksi bisa mengganggu. Tetapi saya menemukan bahwa mengunjungi setiap tahap hanya untuk melihat ide kreatif apa yang ada di balik setiap sudut memberi saya lebih dari cukup bintang untuk maju secara normal tanpa perlu mundur. Jika Anda melewatkan satu bagian dari jalur percabangan untuk menuju dunia berikutnya jauh lebih cepat, Anda mungkin akan menabrak tembok.

Saat mengunjungi kembali tahapan, Anda dapat menambahkan sedikit variasi ke dalam campuran dengan memilih karakter baru. Game Mario secara tradisional tidak memungkinkan Anda memilih karakter alternatif – Luigi hanyalah pertukaran palet dan satu game yang paling terkenal dengan banyak karakter, Super Mario Bros 2, bahkan awalnya bukan game Mario. Tetapi Mario 3D World sebenarnya memperkenalkan banyak karakter, dan mereka dibedakan dengan baik agar sesuai dengan gaya bermain yang berbeda atau bahkan tujuan permainan. Apakah panggung ini memiliki banyak platform jatuh yang rumit? Pertimbangkan untuk menggunakan Peach, yang bisa melayang melewati mereka. Apakah tahap ini berorientasi vertikal? Luigi adalah laki-laki Anda, berkat gerakan lompat tingginya yang mengepak. Menemukan diri Anda kehabisan waktu? Gunakan Toad, yang sangat cepat.

Lagipula, semua orang sangat cepat dalam versi game ini. Sementara Super Mario 3D World yang asli adalah game Mario yang hebat, ia menerima beberapa kritik yang valid bahwa kecepatannya terkadang lesu dan tidak menantang. Itu telah diubah dalam versi ini, dengan semua karakter mendapatkan peningkatan kecepatan yang nyata. Dorongan tidak cukup untuk merasa seperti Anda telah kehilangan kendali, tetapi itu memang membutuhkan lebih banyak kemahiran dan beberapa bit platform yang lebih sempit dapat menjadi pengujian keterampilan.

Tambahan utama lainnya untuk versi ini adalah permainan online, yang pada dasarnya mereplikasi co-op sofa yang ada untuk lingkungan online. Mario co-op sering kali hingar-bingar saat pemain bertabrakan, mengangkat, dan melempar satu sama lain, jadi apa yang hilang dalam ketepatan platforming yang Anda ganti dengan permainan kacau. Waktu yang saya habiskan dalam mode online kurang lebih sama dengan bermain secara lokal, dengan hanya sesekali gagap. Dalam konteks mode multipemain yang sebagian besar hanya menyenangkan, ini tidak terlalu mengganggu.

Mode online adalah tambahan yang bagus tetapi tidak sepenuhnya diperlukan untuk game inti, yang masih berdiri sebagai salah satu game Mario terbaik dalam sejarah baru-baru ini. Itu saja akan membuat paket itu berharga, bahkan tanpa seluruh game kedua ditumpuk di atasnya.

Bowser’s Fury

Jika Super Mario 3D World adalah platform klasik Mario yang paling halus, Bowser’s Fury adalah seri yang paling eksperimental. Sementara Dunia 3D membawa Anda langsung ke tahap yang disetel dengan cermat di mana arah dan tujuan Anda jelas, Bowser’s Fury menggunakan pendekatan dunia terbuka yang mengundang penjelajahan. Sangat mudah untuk melihat bagaimana cerita sampingan yang aneh ini bisa membuat Nintendo bermain-main dengan ide-ide baru, dan meskipun belum semuanya cukup sempurna, sangat menarik untuk melihat mereka dalam keadaan ini.

Dalam Bowser’s Fury, Mario mendapati dirinya berada di sekumpulan pulau kecil saat Bowser Jr. memintanya untuk membantu mengeluarkan ayahnya dari semacam fury-funk misterius. Untuk beberapa alasan, Bowser telah tumbuh lebih besar dari biasanya, dan dia tampaknya rusak oleh zat seperti tar hitam yang sama yang menandai lanskap dan membatasi perjalanan Anda ke pulau-pulau lain. Hanya dengan mengumpulkan Cat Shines baru Anda dapat memulai kembali mercusuar yang akan menahan Fury Bowser, membersihkan sebagian ter, dan membuka lebih banyak pulau untuk dijelajahi.

Bowser’s Fury adalah game pemain tunggal pertama dan terpenting, meskipun dengan pendamping AI konstan di Bowser Jr. Pemain kedua dapat mengambil alih untuknya di sofa co-op, tetapi dia tidak memiliki keahlian yang sama, jadi Mario masih menjadi pahlawan utama. Jika Anda bermain pemain tunggal, Anda dapat mengatur Bowser Jr. untuk banyak membantu, sedikit, atau tidak sama sekali. Pengaturan default, “Sedikit,” membuatnya cukup untuk mengingatkan Anda bahwa dia ada di sana, tanpa menginjak kaki Anda atau menghalangi. (Saya memang, memang, menggerutu bahwa dia mencuri pembunuhan saya ketika dia mengeluarkan goomba yang salah.)

Dan pulau-pulau di Danau Lapcat membuat pengaturan yang aneh . Semuanya bertema kucing, dan maksud saya adalah segalanya. Landmark, musuh, mercusuar, bahkan semak memiliki sentuhan estetika kucing. Ini memberikan beberapa kesamaan tematik dengan Super Mario 3D World, yang memulai debut power-up Cat Bell. Dalam Bowser’s Fury, sepertinya seluruh dunia memilikinya.

Tapi itu bukan satu-satunya koneksi ke Dunia 3D. Hampir semua power-up muncul, dan banyak elemen panggung serta bagian platform yang dapat dikenali. Rasanya seperti perpaduan Super Mario Odyssey dan Super Mario 3D World, menyuntikkan potongan-potongan yang terakhir ke dalam struktur yang pertama. Odyssey terkenal karena memperkenalkan dunia terbuka lebar untuk dijelajahi, dan Bowser’s Fury mengembangkan konsep itu di ruang yang lebih besar dan dengan gaya visual yang serupa. Ia bahkan mempertahankan ide yang agak radikal dari Super Mario Odyssey untuk membuang nyawa.

Namun, satu perbedaan utama dari Mario Odyssey adalah tidak ada pasar untuk membelanjakan koin hasil jerih payah Anda untuk kostum baru. Sebaliknya, koin berinteraksi dengan sistem baru, bank item. Bowser’s Fury adalah dunia terbuka, jadi tidak seperti game Mario sebelumnya, Anda selalu memiliki akses ke bank item Anda. Jika Anda sedang dalam tantangan dan memutuskan Anda membutuhkan Lonceng Kucing atau Bunga Api, pilih saja dan Bowser Jr. akan memberikannya kepada Anda. Power-up lain yang dilengkapi akan kembali ke bank. Mengumpulkan 100 koin bank power-up acak lainnya, sementara sekarat mengurangi total koin Anda.

Ini adalah sistem pintar yang bekerja dengan baik dalam konteks khusus ini, di mana struktur dunia terbuka berarti Anda sering perlu melakukan hot-swap item, dan ancaman terus-menerus dari Fury Bowser mengundang kebutuhan akan bantuan darurat sesekali. Rasanya eksperimental, seolah-olah Nintendo masih mencari cara untuk membuat koin berharga ketika kehidupan bernomor menjadi anakronistik. Namun, sulit untuk mengetahui apakah ini adalah jenis eksperimen yang akan bekerja di luar parameter sempit Bowser’s Fury dan terus berlanjut di game Mario lainnya.

Masing-masing pulau besar dan relatif mandiri memiliki lima Cat Shines untuk dikumpulkan, bersama dengan pulau lain yang tersebar di sekitar lanskap. Anda dapat menaiki Plessie (yang entah bagaimana hampir ada di mana-mana di sini) untuk menjelajah antar pulau, yang harus Anda lakukan sedikit lebih baik. Aliran Bowser’s Fury bertualang ke sebuah pulau, mengumpulkan Cat Shine, dan menghindari atau berlindung dari serangan Fury Bowser yang memenuhi layar setiap kali dia terbangun dalam waktu reguler. Anda bisa menunggunya pergi atau memicu mercusuar dengan Cat Shine untuk mengusirnya. Kemudian setelah Anda mengumpulkan cukup Cat Shines, Anda dapat mengakses Giga Bell untuk ikut serta dalam pertempuran kaiju sebagai Mario yang Bercocok untuk Kucing yang besar, lengkap dengan paku rambut Super Saiyan langsung dari Dragon Ball Z. Ini sangat konyol. seperti kedengarannya.

Namun lebih dari sekadar pertarungan bos yang konyol, segmen ini sebenarnya merekontekstualisasikan ulang lingkungan yang telah menjadi taman bermain Anda. Anda mungkin menemukan menara yang dengan susah payah Anda naiki hanya beberapa menit sebelumnya dan menempatkannya di antara Anda dan Fury Bowser sehingga dia memantul darinya ketika dia mendatangi Anda dengan serangan berputar. Idenya cocok untuk bermain dengan skala, dan melihat dunia berubah dengan cara ini adalah suatu sensasi.

Tujuan panggung Anda digariskan saat Anda memasuki gerbang utama sebuah pulau, yang berbentuk seperti – Anda dapat menebaknya – seekor kucing. Tetapi karena Anda sering berpindah-pindah ke pulau yang berbeda dan tidak ada pilihan untuk membuat titik arah, menemukan arah Anda tidak semudah dan senyaman yang seharusnya. Dan sementara banyak tujuan merupakan aksi platform yang menyenangkan, beberapa terasa seperti padding. Setiap pulau memiliki tujuan “Fury Block”, yang pada dasarnya hanya berarti menunggu Fury Bowser mengembuskan api ke arah Anda dan membiarkannya meledakkan balok untuk mengungkapkan Cat Shine. Beberapa kali induk kucing kehilangan anak-anaknya, melakukan pencarian yang cukup tenang. Ada cukup banyak Cat Shines yang melayang untuk memungkinkan Anda menyelesaikan game sambil hanya terlibat dengan tantangan yang ingin Anda selesaikan,

Ketika Anda hampir selesai dengan cerita utama Bowser’s Fury, Bowser raksasa menjadi ancaman yang hampir konstan. Ini adalah cara yang rapi untuk menambahkan ancaman dan urgensi ekstra saat Anda mendekati akhir permainan, tetapi ini adalah pedang bermata dua. Pada titik ini dalam permainan saya hampir kehabisan Cat Shines yang saya tahu bagaimana menemukannya, dan yang tidak saya ambil termasuk di antara yang paling sulit yang tersisa. Jadi tidak hanya saya mencoba menyelesaikan beberapa terakhir yang saya anggap ekstra keras, saya juga harus melakukannya sambil menghindari serangan Fury Bowser. Saya berharap pada saat itu saya tahu lonjakan kesulitan ini akan datang, sehingga saya bisa mengatasi beberapa Cat Shines yang lebih sulit itu lebih awal.

Terlepas dari frustrasi sesekali, Bowser’s Fury adalah keingintahuan permainan yang pendek tapi manis dan sangat lucu. Saya benar-benar merindukan munculnya bank item ketika saya berkelana kembali ke Dunia Mario 3D, menunjukkan bahwa setidaknya beberapa ide baru Fury memiliki daya tahan.

Semua bersama Sekarang

Secara keseluruhan, Super Mario 3D World + Bowser’s Fury adalah paket yang spektakuler. Super Mario 3D World adalah kegembiraan mutlak dari keunggulan platforming klasik, dan ini adalah versi terbaiknya berkat beberapa peningkatan yang terkalibrasi dengan baik. Bowser’s Fury itu aneh dan kurang terpoles, tetapi berani mengolok-olok keanehannya sendiri dan memiliki corak kreatif yang liar. Keduanya memiliki kesamaan tematik, tetapi yang lebih penting, mereka bekerja bahu-membahu untuk menunjukkan tingkat keserbagunaan sepenuhnya dalam permainan Mario.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *