Salah satu manfaat paling mencolok dari media semacam itu bagi organisasi adalah portal yang disediakannya untuk mengkomunikasikan mereknya. Peluang untuk terlibat dengan pelanggan, baik yang sudah ada maupun yang prospektif, sangat besar. Ini tidak terlepas dari keuntungan potensial lainnya. Manfaat lain dari kehadiran sosial mungkin mencakup pesaing dan wawasan pasar, selain manajemen hubungan pelanggan, dan penjualan langsung. Namun aktivitas sosial online apa trademark indonesia pun akan berdampak pada identitas merek, sehingga semua aktivitas harus dipertimbangkan dalam konteks ini.

Sebelum memahami bagaimana komunitas online dan platform terkait mereka dapat memengaruhi kesadaran merek, penting untuk memahami layanan media sosial yang Anda inginkan. Ada ratusan, bahkan ribuan perusahaan yang menawarkan bantuan dan alat untuk membantu Anda menangani bidang pemasaran yang relatif baru ini, dan ini dapat diringkas dalam tiga kategori: evaluasi, manajemen, dan pelatihan.

Mengevaluasi kehadiran sosial perusahaan berarti menganalisis percakapan dan tren yang relevan dengan sektor dan merek Anda, serta memberikan wawasan dan pengetahuan berharga yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Platform media online menyediakan panggung yang sangat publik untuk semua aktivitas bisnis, termasuk para pesaing Anda, sehingga analisis pesaing juga menambah pengetahuan yang diperoleh. Proses evaluasi ini memungkinkan bisnis untuk memahami dampak media sosial terhadap operasi dan citranya, dan wawasan yang diperoleh berkontribusi pada strategi pemasaran, yang pada akhirnya akan memengaruhi sentimen dan perilaku konsumen.

Manajemen jejaring sosial perusahaan dapat mencakup pembuatan dan pembaruan akun pada platform seperti Facebook, Twitter, dan saluran seperti YouTube, dan memposting konten yang relevan dan terkini dalam bentuk pembaruan status, tweet, atau konten audio-visual. Menanggapi komentar dan pertanyaan secara tepat waktu dengan balasan yang relevan juga penting untuk memastikan bahwa kehadiran online Anda aktif dan terlibat. Layanan juga dapat mencakup mengikuti dan menyukai posting dan topik yang relevan, membuat dan memelihara blog perusahaan, blog tamu di situs lain, dan ruang obrolan atau moderasi forum. Praktik memperbarui konten dan mengelola interaksi pengunjung menciptakan platform percakapan, membangun komunitas,

Pelatihan dan konsultasi memainkan peran kunci dalam layanan yang ditawarkan, jadi daripada mengandalkan sumber eksternal untuk mengelola semua aktivitas komunitas Anda, ada pendekatan gabungan. Dari pelatihan individu yang dipesan lebih dahulu hingga kursus dan acara pembelajaran yang lebih umum, pemilik bisnis dapat dididik tentang cara terbaik memanfaatkan komunitas online yang tersedia, serta membantu membuat strategi dan memasang kepercayaan diri dan pengetahuan sehingga staf dapat menerapkannya secara langsung.

Tetapi bagaimana sebenarnya layanan media sosial ini dapat memengaruhi merek Anda? Menentukan dengan tepat elemen yang memberikan identitasnya pada merek dan yang menentukan keberhasilannya, membantu kita memahami peran yang akan dimainkan oleh pemasaran sosial dalam persepsinya. Ada lima aspek kunci untuk merek sukses yang perlu dipertimbangkan.

1) Visi. Visi merek harus dapat diakses dan dipahami oleh semua orang. Satu-satunya cara untuk mencapai ini adalah melalui komunikasi dan konten yang orisinal dan relevan. Komunitas online menyediakan tahap di mana pesan ini dapat disampaikan, dan menyediakan platform yang dikelola dengan tepat, mereka akan memungkinkan komunikasi visi yang konsisten dan jelas.

2) Nilai. Nilai-nilai merek menentukan orang dan budaya di sekitar organisasi di belakangnya, dan akan berdampak langsung pada proses pengambilan keputusan konsumen, apakah itu melalui peningkatan penjualan, penguatan basis penggemar, atau berbagi dan merekomendasikan. Nilai-nilai merek mungkin tidak selalu langsung terlihat, tetapi karena media sosial memungkinkan interaksi dan keterlibatan antara merek dan konsumen, nilai-nilai ini dapat dibagikan dan diekspresikan secara langsung.

3) Pasar sasaran. Merek harus mengetahui pasar sasarannya, agar audiens dapat memahami visi dan nilainya, dan karena itu cukup percaya diri untuk membeli produk atau layanan tersebut, sehingga menciptakan permintaan. Melalui evaluasi yang efektif atas kehadiran online suatu merek, maka dimungkinkan untuk berkonsentrasi, mengenal, dan kemudian memfokuskan upaya pemasaran pada audiens target. Pengguna jejaring sosial online berbagi banyak informasi tentang suka dan tidak suka mereka serta petunjuk demografis penting, menawarkan organisasi audiens yang ditargetkan dengan baik.

4) Keunggulan. SEO dan pembuatan tautan adalah tentang menonjol dari kerumunan, tetapi konten asli, kreatif, dan diinginkan yang dibagikan di jejaring sosial dan komunitas online juga akan menyebabkan merek Anda menonjol dan pada gilirannya meningkatkan pengakuan.

5) Permanen. Sebuah merek harus memiliki umur panjang agar sukses, dan loyalitas pelanggan sangat penting. Keterlibatan yang relevan dan berkelanjutan dengan prospek, penggemar dan pelanggan akan memperkuat hubungan antara konsumen dan merek. Daya tahan merek mengarah pada pengulangan kebiasaan, melindungi margin keuntungan sebagai hasilnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *